[SIRI 1.3] MELURUSKAN KESALAHAN JIHAD VERSI TERORIS

[ARTIKEL] MENGAPA TERORIS TIDAK PERNAH HABIS?

[SIRI 1.3] MELURUSKAN KESALAHAN JIHAD VERSI TERORIS

SUMBER: ASY SYARIAH. 2017. EDISI KHUSUS 02 SERIAL INDONESIA SIAGA. OASE MEDIA. YOGYAKARTA: INDONESIA




4. Jihad dilaksanakan ketika kaum muslimin memiliki kemampuan dan kekuatan

Jihad boleh dilaksanakan ketika kaum muslimin memiliki kemampuan dan kekuatan. Kekuatan yang dimaksud adalah dari dua aspek: 1) kekuatan iman, tauhid, dan amal saleh, 2) kekuatan fisik personil dan persenjataan yang memadai. Tatkala lemah, kaum muslimin tidak diizinkan untuk berjihad. Oleh karena itu, masa sebelum hijrah dan awal hijrah, Nabi n dan para sahabatnya tidak diizinkan berjihad. Mereka baru diizinkan berjihad setelah memiliki kekuatan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t berkata, “Orang mukmin yang tinggal di suatu wilayah dalam keadaan mereka lemah, atau hidup di suatu masa yang kondisi mereka lemah, hendaknya mereka mengamalkan ayat-ayat al-Qur’an yang memerintahkan untuk bersabar dan menahan diri dari pihak-pihak yang mengganggu (agama) Allah dan RasulNya, baik kalangan ahlul kitab (Yahudi dan Nasrani) maupun musyrikin.

Demikianlah, pelaksanaan jihad pun harus berdasarkan ilmu yang benar. Ketika syarat-syaratnya belum terpenuhi, jihad belum bisa dilaksanakan. Akan tetapi, para teroris Khawarij tidak mau mengindahkan ketentuan syariat, termasuk dalam hal syarat kemampuan dan kekuatan dalam jihad. Tokoh-tokoh teroris Khawarij tetap memfatwakan jihad dalam kondisi apapun, tanpa memandang terpenuhinya syaratsyarat jihad atau tidak.

Perhatikan fatwa-fatwa Usamah bin Laden berikut ini. “…Hendaklah setiap muslim segera terjun ke medan jihad, memerangi orangorang Yahudi dan Amerika! Sesungguhnya ini adalah termasuk kewajiban yang paling wajib, dan termasuk ibadah yang paling besar… Kalian tidak perlu bermusyawarah dengan siapapun untuk membantai Amerika….” (Rekaman audio Usamah bin Laden berjudul Bersiapsiagalah untuk Berjihad!)

Bagi para teroris Khawarij, yang penting adalah perang dan perang. Padahal, aksi-aksi mereka adalah aksi teror, bukan jihad sama sekali. Menurut mereka, solusinya hanya satu, yaitu membunuh!

IKUTI KAMI

https://al-haqcentre.blogspot.com/
https://twitter.com/alhaqcentre
https://instagram.com/alhaqcentre
.
"BERSATU MENENTANG KEGANASAN"

Comments