ISLAM ITU MUDAH, JANGAN MELAMPAUI BATAS


1. Islam adalah agama yang penuh kemudahan dan berusaha menghilangkan segala bentuk kesulitan.

2. Islam menganjurkan umatnya untuk lemah lembut dan sederhana dalam beramal.

3. Meninggalkan sikap memberatkan diri dalam beramal, karena Allah SWT telah mewajibkan perkara-perkara ketaatan pada waktu-waktu tersendiri, sebagai bentuk kemudahan dan rahmat dari-Nya.

4. Setiap orang yang berlebihan dalam agama akan terhenti di tengah jalan, karena berlebihan akan mengakibatkan kepenatan dan kebosanan.

5.      Amal yang dicintai oleh Allah SWT adalah amal yang berterusan meskipun sedikit.

6. Sederhana dalam beribadah dan tidak berlebih-lebihan akan mengantarkan kepada keredaan Allah SWT dan mendorong pelakunya untuk terus beribadah kepada-Nya.

7. Perhatian tentang waktu-waktu untuk beramal, karena waktu pagi, petang, dan akhir malam merupakan waktu yang paling utama bagi para musafir. Dan waktu-waktu ini adalah waktu-waktu yang terbaik untuk melakukan amal solih.

8. Pada hakikatnya, dunia adalah tempat persinggahan dan jalan menuju akhirat. Maka Nabi SAW memperingatkan ummatnya agar mereka menggunakan dengan sebaik-baiknya waktu-waktu luang dan kosong mereka.

9. Disunnahkannya mengambil keringanan dalam syari’at pada waktunya, karena mengambil sesuatu yang berat pada saat diberikan keringanan merupakan perbuatan yang berlebihan.

10. Hadis ini menjelaskan bahawa setiap orang yang melampaui batas dalam agama, pasti akan terputus amalnya dan tidak sanggup melakukannya.

Comments